You are here

Tentang Kami

Aliansi Pita Putih Indonesia dibentuk mengingat tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia akibat melahirkan tertinggi di Asean. Kemajuan yang dicapai di dunia dalam penurunan AKI ,ternyata tidak terjadi di Indonesia. SDKI 2012 justru menunjukkan AKI yang meningkat dari 228/100.000 kelahiran hidup menjadi 359/100.000 kelahiran hidup menjauh dari target yang ditetapkan dalam MDG 5 (102/100.000 kelahiran hidup).

 

Cara Membentuk Aliansi Pita Putih   

  • Aliansi Pita putih mempunyai makna bergabungnya lembaga-lembaga yang mempunyai visi dan misi yang sama kedalam satu perkumpulan.
  • Aliansi Pita Putih dapat dibentuk dengan bergabungnya organisasi kemasyarakatan, lembaga-lembaga swadaya masyarakat, lembaga non

pemerintah, dan juga perorangan /individu serta pakar yang mempunyai visi dan misi terhadap  keselamatan dan kesehatan ibu hamil, melahirkan, nifas, bayi baru lahir dan anak.

  • Susunan organisasi APPI sesuai dengan asas kewilayahan dalam Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia. terdiri dari APPI Pusat, Provinsi sampai ketingkat kabupaten/kota merupakan gabungan dari organisasi kemasyarakatan, LSM, lembaga dan individu sesuai tingkatannya.
  • Aliansi Pita Putih Indonesia Tingkat Pusat merupakan gabungan dari , organisasi kemasyarakatan, LSM, lembaga non pemerintah tingkat nasional
  • Aliansi Pita Putih Indonesia Tingkat Daerah merupakan gabungan dari , organisasi kemasyarakatan, LSM, lembaga non pemerintah tingakat daerah

Organisasi kemasyarakatan, lembaga-lembaga swadaya masyarakat, lembaga non pemerintah, dan juga perorangan /individu serta pakar yang bergabung dengan Aliansi Pita Putih Indonesia:

  • Mempunyai komitmen tinggi untuk mengembangkan pengertian /kesadaran dan membangun kapasitas masing-masing untuk berperan guna mencapai tujuan keselamatan ibu, sejalan dengan visi misi dan prinsip-prinsip Pita Putih.
  • Dalam melaksanakan programnya, APPI dapat mengadakan hubungan kerjasama dengan badan-badan, lembaga, instansi, organisasi, LSM, tingkat daerah, nasional dan internasional.
  • Mempunyai hak dan kewajiban dalam membangun dan mempertahankan aliansi yang terpercaya efektif, transparant, bertanggung jawab dan berperan serta dalam pengambilan keputusan

 

APPI saat ini sudah terbentuk di beberapa Provinsi antara lain,  Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumbar, Sumsel, Lampung, NTB, NTT, Sulsel , Kalsel ,Bengkulu  Sulut, Jawa Timur, Riau, Jambi. Maluku, Kaltim, Kalbar, Babel, Yogya , Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah,Maluku, Maluku Utara Ternate, Bali.

 

Tujuan Organisasi APPI Adalah:

  1. Penguatan komitmen, kemitraan, dan kesepakatan kerja antara Pemerintah dan organisasi/LSM dalam percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), AKB, AKA, mencapai tujuan Suistanabel Development Goals (SDGs) 2030
  2. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya menurunkan angka kematian ibu hamil, melahirkan,  nifas, bayi baru lahir dan anak.
  3. Mengembangkan jejaring dengan organisasi/lembaga dan individu dalam upaya menurunkan angka kematian  ibu hamil, melahirkan,  nifas, dan bayi baru lahir dan anak.
  4. Memotivasi kegiatan masyarakat/lembaga yang peduli akan keselamatan dan kesehatan ibu hamil, melahirkan, nifas, bayi baru lahir dan anak.
  5. Membangun budaya yang mengarah pada keselamatan dan kesehatan ibu hamil, melahirkan, nifas, bayi baru lahir dan anak.